Cara Kerja Online sebagai Virtual Assistant Freelance

Cara Kerja Online sebagai Virtual Assistant Freelance adalah peluang usaha terbaru di internet. Pebisnis online tidak harus berjual-beli produk untuk cepat kaya. Anda bisa mendapatkan penghasilan sampingan dari bisnis rumahan dengan menggunakan skill dan keahlian yang dimiliki. Jualan jasa adalah tips kerja di internet tanpa modal.

cara kerja online

cara kerja online

Bagaimana cara kerja online sebagai VA freelancer? Asisten virtual adalah karyawan independen yang bekerja dari jarak jauh dengan menggunakan teknologi internet untuk memberikan pelayanan kepada klien. Sebagian besar bekerja dari kantor / rumah mereka dan menerima instruksi proyek melalui telepon, fax, e-mail atau bahkan pesan instan. Small business ini bisa dikerjakan tanpa modal, cukup dengan koneksi internet saja!

Meskipun banyak yang menawarkan layanan sekretaris online (karena memiliki latar belakang pendidikan dan keterampilan lebih banyak), biasanya asisten virtual mengkhususkan diri di bidang-bidang jasa seperti pemasaran, desain grafis, layanan promosi bisnis, pembuatan situs jualan online, dan IT support.

Klien yang menyewa asisten virtual karena pertimbangan biaya lebih hemat. Asisten virtual sudah memiliki peralatan sendiri, pelatihan, kesehatan dan asuransi-pribadi. Bisa saja pemilik situs online shop hanya membutuhkan bantuan virtual assistant untuk proyek sementara. Industri yang paling sering menyewa asisten virtual adalah real estate, pelayanan masyarakat, jasa keuangan, online shop, akuntan publik, dan firma hukum.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana untuk memulai bisnis asisten virtual, pendiri Elite Office Support bernama Susan Totman menawarkan tips ini:

  • Tentukan apa jenis layanan yang Anda ingin tawarkan, dan menganalisis latar belakang Anda untuk memastikan Anda memiliki pengalaman yang memadai.
  • Tentukan niche bisnis Anda. Pertimbangkan dan khususkan diri hanya dua sampai tiga layanan.
  • Tentukan berapa banyak waktu dan energi yang diperlukan untuk membesarkan usaha Anda. Apakah Anda ingin bekerja paruh waktu atau full-time?
  • Melakukan penelitian industri menyeluruh untuk menentukan kebutuhan layanan di daerah Anda.
  • Cari target klien Anda, di mana mereka dan bagaimana untuk mengaksesnya.
  • Lakukan analisis pasar. Cari tahu kebutuhan untuk niche Anda dan fokus pada bagaimana Anda akan menerapkannya pada bisnis online.
  • Hitung proyeksi anggaran pengeluaran, pendapatan yang diharapkan dan berapa lama Anda bisa mengembangkan bisnis sampai berjalan dengan sukses.
  • Siapkan rencana bisnis dan sering evaluasi. Hal ini untuk memeriksa pertumbuhan dan kemajuan usaha.
  • Periksa peralatan, software dan ruang kerja untuk memastikan kondisinya memenuhi kebutuhan klien.
  • Urus semua aspek legalitas hukum dan permodalan startup sebelum menangani klien pertama Anda.
  • Promosikan layanan Anda di internet. Hanya karena Anda telah membangun sebuah situs Web atau memasang iklan di Yellow Pages tidak berarti klien akan datang mengetuk pintu Anda.

Benarkah cara kerja online sebagai virtual assistant bisa cepat kaya?

Ya, kerja di internet sebagai asisten virtual bisa menghasilkan banyak uang apabila Anda tekuni dengan berusaha keras. Anda bisa mempertimbangkan untuk bergabung dengan organisasi profesi atau komunitas jualan online. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan jaringan lebih luas, membangun persahabatan dan memiliki akses permodalan, dan mendapatkan pengetahuan, dan solusi untuk memecahkan masalah teknis.

Pengguna internet bisa menerapkan cara kerja online tersebut untuk mendapatkan uang. Antusiasme terhadap pekerjaan akan mendorong Anda bekerja dengan jam kerja penuh. Bahkan bisa membuat Anda merasa terkejut karena dibayar untuk melakukan sesuatu yang Anda nikmati begitu banyak. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang internet business, sebaiknya Anda sering membaca artikel kewirausahaan.